Home > Art-Rial > Catatan Teknisi : RAM bermasalah tidak selalu ditandai dengan bunyi ‘beep’

Catatan Teknisi : RAM bermasalah tidak selalu ditandai dengan bunyi ‘beep’

Pagi ini ada 2 pc yg kebetulan datang diservis.
Kondisinya nyala tapi blank dan tidak ada notifikasi apapun dari dalam cpu apapun itu termasuk beep.
Sudah coba di cek barangkali speaker dalam motherboard bermasalah, tapi tidak.
Mencoba untuk berspekulasi akhirnya langkah2 yg ditempuh adalah, membersikan slot ram dan ram dengan kuas. Hasilnya, cpu tetap belum nyala juga.
Tidak mau henti disitu, akhirnya saya mengambil ram, mencoba untuk dipancing dengan siapa tau bisa nyala.
Hasilnya, cpu pertama nyala dengan menggunakan ram lain. Selanjutnya ram bawaan cpu-nya saya bersihkan. Dan saya coba untuk dipasang lagi. Dan hasilnya bisa nyala.
Cpu kedua, saya coba bersihkan lagi ram dan slot ramnya. Memang kondisi cpu sangat kotor, penuh debu. Itu kemungkinan yg menyebabkan cpunya blank. Setelah dibersihkan kemudian coba lagi ramnya dipasang. Hasilnya, cpunya bisa nyala.

Apa yg saya tulis diatas, adalah merupakan salah satu bukti bahwa kerusakan atau permasalahan ram atau ketika ram tidak bisa dideteksi oleh motherboard, tidak selalu identik dengan bunyi ‘beep’. Dan kejadian yang saya alami pagi ini menjadi salah satu buktinya.

Categories: Art-Rial Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

